Rabu, 10 Desember 2014

Penyakit Sapi Menular pada Manusia - Sapi Gila

Penyakit sapi gila
Apakah Penyakit Sapi Menular pada Manusia? Ya, ada beberapa penyakit yang diderita oleh sapi baik itu jenis sapi Simental, Limousin, Brahma atau jenis sapi lainnya. Jenis penyakit ini bernama SAPI GILA. Begitu takutnya masyarakat dunia terhadap ancaman penularan dari daging sapi ke manusia, akan tetapi perlu disadari bahwa kasus vCJD pada manusia selama kurun waktu 25 tahun hanya terjadi kurang dari 160 kasus dan itupun 143 kasus terjadi di Inggris.

Penyakit yang diakibatkan oleh prion abnormal ini, menurut para Ahli, merupakan penyakit zoonoisis yang ada kaitannya dengan new variant Creutzfeldt-Jakob Disease (nvCJD) pada manusia. Nah, penyakit nvCJD ini pernah menyerang Inggris pada 1996 yang menghebohkan dunia internasional. Otak yang terserang penyakit mad cow ini bentuknya akan menyerupai spons. Otak akan berubah menjadi bentuk yang rapuh, mirip busa yang berpori-pori. Penyakit ini memiliki implikasi sosio ekonomis atau kesehatan masyarakat, terutama dalam perdagangan hewan dunia.
Tentu sebagai peternak sapi hal ini tidak mau terjadi apabila Sapi yang diternaknya terjangkit dengan penyakit Sapi Gila. Untuk menghindari jenis penyakit sapi gila yang dapat menular kepada manusia ini tentu seorang peternak harus memperhatikan kesehatan dan kebersihan kandang sapi. Anda bisa lihat bagaimana cara membuat dan membersihkan kandang sapi agar terjauh dari penyakit pada sapi.

Bagaimana mengetahui sapi Anda terjangkit penyakit Sapi Gila?

Hal ini memang perlu diketahui oleh peternak sapi karena terkadang banyak peternak yang tidak mengetahui jenis penyakit yang diderita oleh sapi. Ciri-ciri sapi yang terkena sapi gila antara lain adanya perubahan mental seperti temperamen berubah, gelisah, takut, dan agresif; perubahan sikap, seperti ataksia, tremor, jatuh tidak bangun; perubahan sensasi, seperti peka terhadap sentuhan.
Sebenarnya agar terhindar dari penyakit Sapi Gila ini perlu ada beberapa pencegahan alternatif bagi seluruh lapisan masyarakat baik dari pemerintah maupun dari para peternak itu sendiri. Agar Indonesia bebas dari sapi gila, kunci pencegahannya adalah pada kemauan dan komitmen bersama seluruh stake holder yang terkait dengan persoalan ini, seperti pemerintah, perguruan tinggi, pengusaha, pedagang, dan peternak untuk menghadang dan mencegah masuknya hewan dan produknya dari negara yang tertular sapi gila. Disamping itu, pemeriksanaan hewan sebelum dipotong/disembelih, menjadi sebuah keharusan yang tak bisa diabaikan dan pemotongan hewan pun harus mematuhi kaidah aman, sehat, dan halal.

Oke, demikian artikel tentang jenis penyakit sapi gila yang bisa menyerang pada manusia. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar